W3C adalah organisasi internasional yang menangani bidang World Wide Web bisa disingkat www. Didirikan dan dikepalai oleh Sir Tim Berners Lee. Perkumpulan ini (konsorsium) membuat anggotanya memberikan seluruh waktunya untuk bekerja bersama-sama dalam pengembangan standar World Wide Web. Sampai dengan 8 September 2009, W3C memiliki 356 anggota.

W3C juga berkecimpung dalam bidang pendidikan, pengembangan software dan menyajikan sebuah forum terbuka untuk mendiskusikan hal mengenai web.

Sebelum menjadi konsorsium yang besar seperti saat ini, banyak hal yang sudah ditempuh oleh Sir Tim Berners Lee sebagai pendiri. Setelah dia meninggalkan CERN (Organisasi Pengembangan Nuklir Eropa), dia mendirikan W3C di Massachusetts Institute of Technology tepatnya di Laboratory for Computer Science (MIT/LCS) dengan dorongan dari komisi Eropa dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

W3C membuat keharmonisan dan persetujuan di antara para pelaku industri dalam mengadopsi standar baru, seperti :

  • Mendahulukan kreasi,
  • Versi HTML yang sudah tidak dapat digunakan telah ditawarkan dari pengembang lain,
  • Menaikan potensi untuk mengurangi ketidakkonsistenan antar web pages.

Konsorsium dibuat untuk mendapatkan persetujuan seluruh pengembang tentang kumpulan aturan utama dan komponen yang dapat digunakan oleh semua orang.

Tak dapat dipungkiri bahwa CERN adalah tuan rumah dari W3C cabang eropa. Namun, tentunya CERN bermaksud untuk tetap focus pada bagian dari fisika, bukan teknologi informasi. April 1995 Institut national de recherche en informatique et en automatique (INRIA) menjadi tuan rumah dari W3C cabang eropa, kemudian Keio University menjadi cabang jepang pada September 1996. Mulai 1997, W3C membuat pembagian wilayah di seluruh dunia. Pada September 2009, W3C memiliki 18 kantor di seluruh dunia, yaitu : Australia, Benelux (Netherlands, Luxembourg, and Belgium), Brazil, China, Finland, Germany and Austria, Greece, Hong Kong, Hungary, India, Israel, Italy, South Korea, Morocco, South Africa, Spain, Sweden, and the United Kingdomand Ireland.

Pada January 2003, tuan rumah cabang eropa telah di pindahkan dari INRIA ke European Research Consortium for Informatics and Mathematics (ERCIM), sebuah organisasi yang mewakili laboratorium pengetahuan computer seluruh eropa.

Sumber: W3C